Aglonema kini start menjadi alamat banyak pecinta tanaman hias. Warna daun nan menawan, membuat harga jual aglonema pun melejit di pasaran berasal biji ratusan rupiah saban tanaman, bahkan per patera. Tak heran, kalau banyak sosok nan mulai beralih bagi memperbanyak aglaonema, terutama jenis Aglonema Red Sumatra.

Aglonema red sumatra (sumber: shopee)

Aglonema terbit dari Bahasa Yunani ialah aglaos (terang) dan nema (benang esensi yang menyinar). Sebenarnya, aglonema bukan keberagaman tanaman baru, karena dulu orang lebih mengenalnya dengan sebutan Sri Rezeki. Konon, orang yang menanam tanaman ini, dan tumbuh subur akan mendapatkan banyak rezeki. Terlepas dari mitos pembawa hoki, aglonema bakir menyedot minat masyarakat buat membudidayakannya.[1]

Tanaman aglonema memiliki ragam spesies yang cukup banyak. Misalnya, Aglaonema commutatum, bentuk daunnya seperti mata seligi dan berwarna hijau dengan panjang patera sekitar 20 cm dan lebar 5 cm. Jenis aglonema ini memiliki beberapa varietas populer, sama dengan A. commutatum maculatum yang n kepunyaan daun bercelup hijau haram. Dari banyaknya varian aglonema, Aglonema Red Sumatra pas populer di tengah masyarakat.

Aglonema Red Sumatra termasuk kasta aglonema termahal di Indonesia. Tanaman solek satu ini dirilis masa 1983 oleh Gregori Garnadi Hambali, orang Indonesia asli. Menurut keyakinan banyak manusia, rona merah puas tanaman aglaonema pride of Sumatra mempunyai keefektifan mempesona, substansial tanda baca kewiraan, keberuntungan, dan kemakmuran. Aglonema Red Sumatra mempunyai kelebihan dari segi tampilan dengan ciri daun yang lewat kompak berbentuk elips memanjang. Cara budidaya Aglonema Red Sumatra pula terbilang mudah, sebagai berikut.

Prinsip Budidaya Aglonema Red Sumatra

Aglonema red sumatra (youtube: Bumi Alam)
Aglonema red sumatra (youtube: Bumi Alam)

Media tanam yang tepat

media tanam merupakan material yang bersentuhan sekalian dengan akar, yakni bagian tanaman yang adv amat berharga untuk penyerapan air dan unsur hara lainnya. Ki alat tanaman yang baik digunakan buat jenis Aglonema Red Sumatra merupakan kapling, kompos, sekam, cocopeat, pasir malang, dan akar pakis. Setiap media tanam memiliki daya ikat air nan berbeda-cedera.

Baca :   Cara Menyembuhkan Luka Tomcat

Fertilisasi

Aglonema Red Sumatra termaktub pokok kayu hias patera, sehingga pupuk yang digunakan berlainan dengan pupuk untuk tanaman solek anak uang. Engkau dapat menggunakan pupuk NPK dengan lambung nitrogen yang tinggi untuk membuat daun lebih fit, bukan pucat, serta bernas kontributif matra patera bertambah besar.

Penyiraman

Pendirusan yang benar dan tepat dapat mempertahankan kesehatan tanaman Aglonema Red Sumatra. Ketika gebyur, suka-suka baiknya untuk menginvestigasi perputaran air di lubang pot. Peristiwa tersebut dapat dijadikan indikator bahwa kebutuhan air untuk tanaman sudah lalu cukup.

Repotting (penggantian jambang)

Penggantian vas secara berkala menjadi riuk suatu yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, rencana Aglonema Red Sumatra nan semakin membesar harus disesuaikan dengan ukuran potnya agar seimbang. Disarankan bagi tidak memakai pot dengan banyak motif.

Perawatan berbunga wereng penyakit

Hama dan penyakit yaitu antiwirawan terdahulu tanaman rias, tidak terkecuali Aglonema Red Sumatra. Bagian aglonema yang sering diserang hama adalah patera dan mayit. Untuk itu, Sira teradat melakukan penyemprotan dengan insektisida Malathion secara berkala. Sementara itu untuk tanggulang pupuk, Anda terbiasa melakukan pemancaran fungisida.

Patera Aglonema Red Sumatra dapat kian mengilap. Anda dapat menggraver cairan leaf shine ke permukaannya. Kemudian lap menggunakan kapas maupun plano tisu lumat. Patera yang tampak mengilap akan mewujudkan harga jual Aglonema Red Sumatra semakin tinggi.

Harga Aglonema Red Sumatra

Aglonema red sumatra (sumber: shopee)
Aglonema red sumatra (sumber: shopee)
Varian Aglonema Red Sumatra Kisaran Harga (Rp)
Bibit Benjol Tanaman Hias Aglonema Red Sumatra (bertunas) 80.000
Bibit Aglonema Red Sumatra per daun 175.000
Aglonema Red Sumatra baby/anakan 2-3 daun 198.000
Aglonema Red Sumatra Cukup umur 200.000
Tumbuhan Hias Aglonema Red Sumatra tinggi 40 cm 350.000 – 500.000
Aglonema Red Sumatra Super Roset jumbo 825.000
Pohon Rias Aglonema Red Sumatra indukan 1.280.000
Tanaman Hias Aglonema Red Sumatra tulus (8 daun) 3.000.000
Baca :   Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Mata Minus

Laporan harga di atas kami rangkum dari plural perigi di internet pada 2021. Harga tanaman hias Aglonema Red Sumatra karuan bisa mengalami perubahan sama sekali tergantung strategi pihak penjual. Engkau bisa membeli Aglonema Red Sumatra di toko anakan ataupun perladangan terdekat. Momen ini, Kamu pun dapat memesannya lebih praktis melalui berbagai situs online sama dengan Shopee dengan harga bersaing.

[1] Redaksi Agromedia.
Agar Tumbuhan Hias Tampil Cantik
(Jakarta: Agromedia, 2007), hlm. 19