Cara Mengeringkan Bunga Segar

Cara Mengeringkan Bunga Segar


Unduh PDF


Unduh PDF

Apakah Anda tetap ingin menghias rumah dengan anakan sekalipun tanaman sedang enggak berbunga? Anda boleh mengeringkan bunga kesenangan Anda di apartemen. Ada banyak cara meringkaikan rente, dan putaran berpokok kepelesiran kegiatan tersebut adalah bereksperimen untuk menemukan cara pengeringan terbaik kerjakan setiap varietas bunga.

  1. 1

    Petiklah anakan.
    Sebagian besar pengeringan rente dengan udara (diangin-anginkan) yang terbaik adalah ketika anakan mentah mulai mekar. Bunga tersebut akan berlanjut mekar sedikit selama pengeringan, dan bunga yang terbuka mumbung akan kehilangan kelopak-kelopaknya.
    [1]
    Cara pengeringan ini berbuah paling baik bagi diversifikasi bunga bermatra kecil dan kuat, seperti anak uang lavendel atau anak uang
    larkspur/delphinium/dolphin.
    [2]

    • Sesudah pengeringan, kondisi layu dan kerusakan makanya wereng menjadi lebih jelas. Pilihlah hanya anak uang dengan kondisi terbaik, dan petiklah tambahan kalau-kalau terjadi kebobrokan.
      [3]
  2. 2

    Siapkan bunga kerumahtanggaan bilang wasilah.
    Bersihkan semua daun dari setiap tangkainya. Pisahkan bunga menurut jenisnya, kemudian buatlah bilang persaudaraan nan masing-masing berisi hingga 10 tangkai anak uang. Sebagai pilihan, anakan berdosis segara seperti
    hydrangea/hortensia, ros, dan
    peony
    harus dikeringkan secara tersendiri.
    [4]
    [5]

    • Bunga
      strawflower/helichrysum
      (si emas abadi) dan beberapa tipe lain memiliki tangkai nan lemah yang akan rantas jika dikeringkan. Bagaikan alternatif, potonglah tangkainya tinggal susupkan benang kuningan, nan sahih dijual di toko bunga, melalui pangkal anak uang.
      [6]
  3. 3

    Ikatlah ujung dari setiap taris bunga dengan tiras kerokot.
    Lilitkan kain gelang yang besar mengerumuni dua ataupun tiga batang cangkul, lalu lilitkan beberapa bisa jadi mengelilingi seluruh berkas, kemudian akhiri dengan melilitkannya mengelilingi dua ataupun tiga tangkai yang lain.
    [7]
    Momen kering, kayu cangkul rente akan menyusut, doang tiras gelang tersebut akan tetap kuat mengikat seluruh berkas.

    • Karet gelang tidak harus menekan bersisa abadi sehingga akan menjantur tangkai; kelipat tersebut bisa menimbulkan saku lembap dan membuatnya busuk. Jika Anda mengkhawatirkan hal tersebut, bak alternatif ikatlah berkas tangkai dengan lawai atau lawai rafia. Anda mungkin perlu mencantumkan ulang lungsin tersebut di perdua proses pengeringan.
  4. 4

    Gantung afiliasi rente secara tersuling.
    Simpanlah di kancah yang kering, gelap dan hangat, bakal mencegah peragian serta meminimalkan pemudaran warna.
    [8]
    Sirkulasi peledak membantu bunga menjadi kering dan mencegah tumbuhnya pupuk, jadi simpanlah ikat bunga internal area dengan peredaran mega silang yang bagus, dengan jarak minimal 15 cm di bawah plafon.
    [9]

    • Anda dapat menggantung bunga pada pengait/cantelan, paku, atau sampaian baju. Pelecok suatu cara mudah kerjakan melakukannya adalah mengerotkan penjepit kertas (kacip) membentuk huruf S. Masukkan salah satu ujung di sebelah dasar perca kerokot, dan ujung yang lain melampaui gancu.
      [10]
  5. 5

    Tunggulah selama 2–4 minggu.
    Proses selesai momen kelopak-kelopak rente terasa tandus ketika disentuh. Sama sekali seikat anak uang memerlukan hari lebih lama mulai sejak empat minggu, kebanyakan karena kondisi rubrik lain ideal ataupun kelopak anak uang memiliki ketebalan nan lain biasa.

    • Kayu cangkul bunga umumnya cengkar dalam keadaan verbatim. Sekiranya Anda ingin kelukan nan makin alami, rendamlah batang cangkul bunga dalam air hangat hingga menjadi subtil. Tekuklah tangkai sama dengan Anda inginkan, dan tahanlah tangkai pada posisi tersebut dengan suatu beban hingga bunga kembali kering.
      [11]
  6. 6

    Awetkan bunga dengan semprot rambut/hairspray
    (opsional).

    Sumpah serapah tipis aerosol berpangkal semprot rambut atau bahan pelapis bunga
    (floral sealer)
    akan memantapkan rang anak uang. Semprotan tersebut akan takhlik bunga bukan mudah patah ataupun meluruhkan kelopaknya.
    [12]

  1. 1

    Pilih bunga yang akan dikeringkan.
    Pengeringan dengan
    microwave
    bereaksi paling baik lakukan bunga yang memiliki banyak kelopak yang permukaannya tak berbulu ataupun lengket. Ros, bunga plano
    (zinnia), dan mitir/kenikir
    (marigold)
    yakni pilihan yang bagus, namun beberapa macam nan berkelopak baplang kemungkinan tidak akan berbuntut.
    [13]
    Petiklah bunga saat masih setengah mekar dan abadi, sebelum kelopaknya mulai berluruhan.
    [14]

    • Untuk metode ini, potonglah tangkai anak uang agak pendek, terka-sangka 2,5–5 cm.
  2. 2

    Taris rente dengan kawat (opsional).
    Tangkai bunga akan menjadi bukan lunak lagi setelah proses pengeringan dengan
    microwave.
    Kalau Anda ingin mengikat anakan bagi menatanya, tusukkan kabel berdosis 0,51–0,81 mm (20–24
    gauge—dimensi benang besi berpangkal Eropa/Amerika) menerobos pangkal bunga, kemudian lilitkan kawat mewujudkan galengan spiral mengerubuti tangkai rente.
    [15]

    • Seandainya rente tidak memiliki radiks nan rimbun, tusukkan kawat melewati bagian paruh bunga dan ke dalam tangkai. Doronglah telegram ke bawah sepanjang nan boleh Anda lakukan agar tidak tertumbuk pandangan.
  3. 3

    Taburkan korban penyerap lempem ke dalam wadah yang aman untuk pemakaian microwave.
    Bahan penyerap lembap
    (desiccant)
    yakni setiap bahan yang memiliki kemampuan menyerap lembap. Gel silika adalah pilihan terbaik untuk varietas bunga dengan kelopak serba-serbi yang lembut, semata-mata sebagai alternatif Anda kembali dapat menggunakan
    cat litter—penampung urin dan kotoran kucing—berbahan belet/lempung, atau campuran boraks dan tepung jagung dengan komposisi 50/50. Masukkan bulan-bulanan penyerap ke dalam wadah sebatas kedalaman sekitar 2,5–5cm.
    [16]
    [17]

  4. 4

    Pendamlah anakan di radiks bahan penyerap lempem.
    Berhati-hatilah mengatur posisi bunga agar menghadap ke arah yang tepat, dengan jarak antarbunga minimal 2cm. Taburkan lebih banyak incaran penyerap secara perlahan di atas bunga hingga menguburnya.
    [18]

    • Gunakan hunjam persneling bakal mengatak ulang pelupuk rente apabila kelopak-kelopak tersebut cenderung melenceng berpangkal bentuknya.
    • Cukup mulai dari satu atau dua bunga, untuk berjaga-jaga jika bunga tersebut akhirnya terbakar. Cara tersebut melancarkan Anda mempelajari berapa banyak bahan diperlukan untuk pengeringan setiap bunga.
  5. 5

    Letakkan secangkir air dalam
    microwave.

    Secangkir air dalam wadah dangkal yang diletakkan terpisah menyerap sedikit energi
    microwave.
    Prinsip tersebut probabilitas segara akan mengurangi terjadinya pembakaran bukan sengaja atau pengeringan berlebih.
    [19]

  6. 6

    Nyalakan
    microwave.

    Masukkan panggung ke dalam
    microwave
    dan panaskan sejauh 2 menit. Sodoklah incaran penyerap lembap dengan tusuk gigi cak bagi mengetahui apakah bunga sudah kering. Jika belum, panaskan bunga dalam selang masa 1 menit, lakukan pemeriksaan sesudahnya.

    • Ancang ini mana tahu memerlukan banyak tindakan coba-coba, karena suka-suka banyak sekali variasi antara bunga dan
      microwave.
      Beberapa bunga tipis seperti aster
      (daisy)
      berhasil paling baik pada otoritas
      microwave
      suhu invalid, sedikit di atas kondisi defros—kondisi kompresor senyap (menghangat) pada kulkas lakukan menghilangkan bunga es.
      [20]
      Jenis bunga lain yang memiliki banyak kelopak deras memerlukan masa paling kecil lama 8 menit pada pengaturan suhu tinggi.
  7. 7

    Dinginkan sejauh suatu hari.
    Buang palagan dari dalam microwave. Tutup wadah tersebut, tinggalkan kancah dengan tutup sedikit terbuka, dan diamkan sejauh 24 jam.
    [21]
    Bahan penyerap lempem (terutama gel silika) memerlukan masa lama untuk menjadi dingin puas suhu nan aman.

    • Misal alternatif, diamkan bunga dahlia,
      pansy
      dan
      peony
      selama 36 jam.
      [22]
      Semakin samudra dan deras anak uang tersebut, seperti mawar atau teluki
      (carnation),
      prosesnya akan selesai n domestik waktu sedikitnya 10 jam.
    • Jauhkan anak uang tersebut berpokok lingkup anak-momongan atau satwa (binatang piaraan).
  8. 8

    Sikatlah bahan penyerap lembap.
    Jika arena sudah dingin, tekan dengan halus bikin menyingkap rente. Doronglah bunga dengan hati-hati, dan topanglah dari radiks. Bersihkan bunga dengan sikat halus.

    • Umpama sortiran, awetkan rente dengan ki bentakan bulu atau alamat pelapis bunga.
  1. 1

    Pilihlah bunga yang Anda inginkan.
    Pengepresan memberikan hasil terbaik jikalau dilakukan sreg macam bunga berbentuk ki boyak dan berukuran boncel, sama dengan bunga
    pansy
    dan rente
    lilac.
    Hindari keberagaman bunga memecah bernas ataupun berkelopak terlampau lebat, nan dapat berjauhan dengan kerusakan.
    [23]

  2. 2

    Letakkan bunga di atas jeluang gersang.
    Letakkan bunga di atas daluang
    matte—jenis daluang cetak yang kusam—yang enggak mengilap, seperti kertas koran, jeluang karton, ataupun kertas tisu. Aturlah bunga dalam satu lapis, lalu tutuplah bagian atasnya dengan plano gersang tidak.

    • Semakin bersifat menyerap kertas yang Kamu gunakan semakin bagus hasilnya. Cobalah menempatkan bunga di antara plano harian, dahulu jeluang koran di antara kertas pengisap—minyak, tinta, dll.—dan bontot kertas pengisap di antara kertas kardus/karton mengombak. Satukan seluruh tumpukan tersebut dengan pita lem.
      [24]
  3. 3

    Bagi pengepresan pada rente.
    Letakkan bunga di bawah benda berukuran besar yang beratnya merata. Kamus atau ensiklopedia yaitu dua pilihan yang bagus, sekadar Engkau juga bisa menggunakan kotak nan berat atau rajangan balok kayu.

    • Simpan tumpukan tersebut di tempat yang sangar dan hangat.
  4. 4

    Tunggulah kira-kira 1–3 minggu.
    Selepas minggu pertama, angkatlah bunga dan ganti kertas dengan paisan baru nan masih cengkar. Kemudian, letakkan kembali bunga di bawah bandul dan lanjutkan pengepresan.

  5. 5

    Singkirkan pemberat.
    Sesudah rente berada privat longgokan selama beberapa minggu, singkirkan bandul dan kembali kertas, lalu ambillah bunga tersebut. Semestinya, rente tersebut kering dan setipis jeluang, dan juga transparan/tembus kurat.

Baca :   Bunga Yang Cocok Untuk Hidroponik
  1. 1

    Siapkan bunga.
    Potong kawat ayam atau benang besi kasa lembut secukupnya kerjakan menyatukan semua bunga. Kemudian, tolak nanyan melewati gorong-gorong kawat, sehingga kuncup akan menyangga badan bunga sementara tangkainya mengampai ke sumber akar.

    • Keberagaman anak uang yang paling baik bagi proses pengeringan dengan oven adalah yang memiliki banyak pelupuk dan kompak. Termasuk di dalamnya yakni
      cornflowers
      (tanaman bunga lugu Eropa nan memiliki banyak spesies dengan anak uang corak-warni) dan anak uang seruni/krisantemum.
  2. 2

    Panaskan oven puas temperatur rendah selama sejumlah jam.
    Dengan oven konveksi
    (convection oven)
    bersuhu 100ºF (Gubahan: oven biasanya berskala Fahrenheit. Jika oven Anda berskala Celsius maka 100ºF kira-kira setara dengan 38ºC), letakkan benang kuningan kebal bunga di atas rak oven. Tingkat panas nan cacat tersebut akan mengeringkan rente secara perlahan; jadi tinggalkan bunga di dalam oven sejauh beberapa jam.
    [25]
    Waktu total pengeringan akan heterogen tergantung diversifikasi dan besaran bunga yang Ia keringkan.

    • Oven konveksi dengan aliran udara nan baik akan berbuat proses terbaik. Jangan lakukan cara ini dengan oven biasa. Oven biasa mengandung terlalu banyak uap air dan biasanya memiliki master paling jauh lebih tinggi berpangkal 38ºC.
  3. 3

    Buang bunga dari oven.
    Segera setelah rente kering dengan hipotetis, Anda dapat mengeluarkannya dari oven dan mengaturnya lega rak pengering bakal proses pendinginan. Tunggulah sampai semua bunga pula ke hawa kamar (±20-25ºC) sebelum mengangkatnya.

    • Gunakan injeksi rambut maupun bahan pelapis anak uang lakukan membuat bunga kering menjadi lebih lestari dan tahan lama.
  1. 1

    Pilihlah bunga yang Beliau suka.
    Memendam bunga dalam korban penyerap lembap merupakan cara terbaik cak bagi mengeringkan jenis bunga lembut seperti lili, selama bunga tersebut lain terlalu mudah menggugurkan kelopaknya.
    [26]
    Idealnya, petiklah bunga saat agak-nyana masih secabik mekar, dan keringkan secepatnya.

  2. 2

    Pilihlah bahan pengering/penyerap lembap
    (desiccant).

    Penyerap lembap adalah bahan pengisap khusus, yang secara perlahan akan menyerap air berusul bunga. Seharusnya efektif, bulan-bulanan penyerap lembek segala pun nan Dia diskriminatif harus bermartabat-bermoral kering. Berikut ini beberapa seleksian bahan penyerap lempem yang paling tenar:
    [27]

    • Gel silika
      (silica gel):
      pilihan yang tercepat, terhidang di toko-toko kebutuhan berkebun. Sungguhpun lebih mahal, gel silika bisa dipakai tautologis kali (tatap Tips di bawah!).
    • Boraks dan maizena putih: seleksian yang ringan dan murah. Campurkan dalam jumlah sama, alias sedikitnya 1 bagian boraks cak bagi 6 babak bubuk jagung—sintesis ini semestinya tidak membuat banyak perbedaan.
      [28]
    • Pasir renik: bahan ini berguna lakukan menyokong tulangtulangan bunga; mengikhlaskan udara mengeringkannya. Kersik halus kecil-kecil ialah mangsa nan minimum lambat, tetapi kadang-kadang juga yang termurah.
  3. 3

    Tambahkan garam beriodium (mana suka).
    Beberapa turunan menyatakan bahwa garam kondusif mempertahankan dandan kelopak anakan, walaupun tidak semua orang setuju.
    [29]
    Cobalah dengan 3 sendok makan garam lakukan setiap 0,9 liter bahan lain (15 ml per liter).

  4. 4

    Pilih wadah nan sesuai.
    Jika Anda mempunyai bahan dalam jumlah banyak, ambillah wadah yang dapat menampung seluruh tangkai dalam posisi ngeri. Sebagian besar khalayak menghemat bahan dan menyela tangkai anak uang, membiarkan anakan dapat turut ke dalam ajang yang dangkal. Sasaran yang berbeda memerlukan pengaturan yang terbatas berbeda:
    [30]
    [31]

    • Bakal gel silika, gunakan bekas kedap udara yang boleh disegel. Stoples kopi merupakan seleksian yang bagus kerjakan setangkai bunga.
    • Cak bagi boraks dan ramal, gunakanlah wadah terbuka. Kotak karton/karton relatif paradigma, doang bahas lebih dahulu bagian bawahnya seandainya mungkin terdapat lubang.
  5. 5

    Pendamlah bunga di privat bahan penyerap lembap.
    Taburkan objek penyerap yang Anda siapkan ke dalam wadah sampai kedalaman 2,5–5 cm. Letakkan bunga dalam incaran penyerap dengan posisi tegak lurus memusat ke atas, pastikan bunga n domestik posisi stabil. Ayak maupun taburkan secara perlahan kian banyak mangsa penyerap lembap sreg meres bunga, sampai bunga terpendam.

    • Jika menunggangi ramal, Anda tidak teristiadat memendam bunga secara menyeluruh. Umumnya pasir berguna cak bagi menyokong bunga, sedangkan gambaran udara akan kondusif mengeringkan seluruh kelopaknya.
    • Sebagai alternatif, bunga berpokok keluarga aster
      (daisy)
      minimal baik dikeringkan dalam posisi menyungsang.
      [32]
      Untuk beberapa macam bunga, seperti
      snapdragon—anak uang nan bentuknya mirip tulang kepala—dan bunga
      larkspur/delphinium/dolphin,
      pengeringan paling baik jika diletakkan secara horizontal.
      [33]
    • Seandainya tangkai-tangkai bunga masih tukar terkait/berimpit, isilah medan (dengan pasir) sedalam yang diperlukan lakukan menahannya.
  6. 6

    Tunggulah hingga kering.
    Simpanlah wadah di wadah nan relatif pesam dan tandus. Jika Anda menggunakan bekas terbuka, simpanlah privat rubrik dengan tingkapan yang baik. Periksalah setelah beberapa hari, gunakan tusuk transmisi kerjakan menginterogasi dan menguji tingkat kekeringan bunga.

    • Gel silika merupakan bahan untuk pengeringan anak uang yang tercepat; sebagian besar jenis bunga hanya memerlukan waktu 2-4 hari untuk kering dengan sempurna, sementara bunga yang tebal memerlukan tahun hingga satu minggu.
      [34]
      Detik gel silika berubah warna menjadi merah muda
      (pink),
      berarti gel tersebut sudah menyerap ibun/lembek sebanyak kemampuannya.
    • Campuran boraks dapat mengeringkan anak uang n domestik waktu 5–14 hari.
    • Pengeringan dengan ramal memerlukan periode paling lama, kebanyakan sekitar 14–21 hari.
      [35]
  7. 7

    Angkat secara lever-hati.
    Doronglah wadah menyamping dan ketuklah bagian sisinya hingga bunga tersingkap. Angkatlah bunga kering secara diskriminatif, dengan menopangnya dari bagian bawah. Bersihkan bahan yang menutupinya dengan sikat kecil.

    • Sekiranya bahan penyerap lempem berhimpit plong anakan, taburkan batu halus berpunca jarak sangka-kira 30cm di atas rente. Cara tersebut semestinya dapat melepaskan atom-anasir yang melekat.
      [36]
    • Pengangkatan rente nan terlalu cepat dapat membuatnya berguguran. Sebelum Kamu mengambilnya, selidik bertambah dahulu bagian tepinya kerjakan mengetahui bahwa bunga terasa tipis dan kering sebagaimana kertas.
    • Bahan pelapis anak uang atau semprot rambut akan memperlambat kerusakan.

  • Anda lagi dapat menohorkan kepala anakan (bongkol/buah dalam mahkota anak uang pada ujung tangkai berbentuk bola/bulat telur berisi beribu-ribu skor) berkarakter ornamental, sebagai halnya pada rente madat/madat alias bunga
    love-in-a-mist
    (nigella damascena,
    tumbuhan dari Eropa satu keluarga dengan jintan hitam).
    [37]
    Pasang pakis di parasan horizontal sebuah telegram ayam yang nisbi kasar alias bantau-jaring bunga melintang antara dua lembar papan. Masukkan setiap kepala angka ke dalam gorong-gorong (benang tembaga ayam/jaring-jaring), dengan posisi tangkai menjuntai di udara.
    [38]
  • Warna bunga yang dikeringkan akan menjadi dua kali lebih gelap. Bunga kudrati akan menjadi cokelat, sementara anak uang berwarna merah menyala atau ungu akan menjadi hitam. Anakan bercelup asfar cenderung tidak berubah.
    [39]
  • Warna gel silika berubah menjadi ahmar akil balig
    (pink)
    segera pasca- menyerap air/lembap. Untuk mengeringkan dan membuatnya boleh digunakan sekali lagi, sebarkan butir silika pada loyang kue datar suntuk letakkan dalam oven bersuhu 121ºC selama 2-3 jam.
    [40]
Baca :   Cara Stek Tanaman Puring

Peringatan

  • Bunga mulai layu segera sesudah dipetik. Kerjakan mendapatkan hasil terbaik, cak bagi pengeringan dengan udara secepatnya sehabis mencelah anak uang tersebut semenjak pohonnya.

Kata sandang wikiHow Terkait

Mengenai wikiHow ini

Jerambah ini telah diakses sebanyak 228.160 kelihatannya.

Apakah artikel ini membantu Engkau?

Cara Mengeringkan Bunga Segar

Source: https://id.wikihow.com/Membuat-Bunga-Kering

Check Also

Yongki Komaladi Asli Dan Palsu

Yongki Komaladi Asli Dan Palsu Simple dan buat kita sempat takdirnya komoditas ini tuh Cosrx …