Ciri Ciri Kucing Batuk Pilek

KOMPAS.com
– Kucing juga bisa sakit pilek, gejala flu pada meong sekali lagi intim sama dengan gejala flu puas khalayak.

Meong akan bersin-bersin, batuk, mata berair, hidung yang kelihatan bertambah basah, master badan meningkat, kelesuan, juga penurunan selera makan.

Dilansir berusul
Pet MD, radang selaput lendir pada meong juga sama pada radang selaput lendir pada manusia, disebabkan oleh infeksi virus.

Pada kasus infeksi ringan, flu lega kucing ini akan sembuh dengan sendirinya privat kurun hari 7 sebatas 10 periode.

Baca lagi: Bukan karena Penasaran, Ini Alasan Kucing Selalu Mengajuk Kita

Cak kenapa flu pada meong susah sembuh?

Meski biasanya sembuh intern rentang maksimal 10 harian, namun plong beberapa kasus, flu lega kucing ini bisa mendekam berbulan-bulan.

Mengapa flu lega kucing kadang kala rumit sembuh?

Flu sreg kucing berat sembuh takdirnya terjadi komplikasi, misalnya infeksi bakteri pendamping atau radang paru-paru.

Tanda adanya ki aib biasanya adalah muncul cairan berwarna kuning atau asfar kehijauan dari indra penglihatan juga indra.

Cairan ini akan menangsel saluran napas dan membentuk kucing berat bernapas. Selain itu, gelema ini lagi akan menurunkan kurnia penciuman kucing. Sehingga meong tak berselera makan karena indera penciumannya lumpuh akibat lendir.

Baca juga: Tak Selalu karena Sakit, Ini Sejumlah Alasan Kucing Seketika Muntah

Penyebab flu pada kucing


Unsplash/Anna Ogieenko
Influensa pada kucing boleh disebabkan karena feline herpervirus atau feline calicivirus.

Hampir 90 persen selesma pada kucing terjadi akibat feline herpervirus dan feline calicivirus.

Feline herpervirus ataupun disebut lagi feline rhinotracheitis virus yakni virus nan lampau rembet.

Sama begitu juga infeksi herpes pada manusia, meong nan sudah membawa feline herpesvirus  juga akan terus membawa virus ini sejauh hidupnya.

Baca :   Download House Musik 2013

Dalam beberapa tahun hidupnya, virus ini akan pasif sehingga kucing akan nampak sehat.

Saja saat sistem imun meong terganggu dan virus kembali aktif, maka bencana influensa pada kucing akan bangkit sekali lagi dengan gejala bersin dan mata berair.

Ini juga nan menyebabkan flu lega kucing nampak susah sembuh. Karena sehabis terpandang sehat, kucing bisa tiba-tiba terdera bersin-bangkis dan batu berdahak kembali.

Feline calicivirus kembali tinggal menular dari meong ke kucing. Gejala infeksi ini persis sama dengan infeksi feline herpesvirus.

Meski sangat menular pada sesama kucing, sekadar kedua virus ini tak boleh melompat ke tubuh manusia atau tak bisa menulari hamba allah.

Baca juga: Cak kenapa Lidah Meong Kasar tapi Lidah Monyet Enggak? Ternyata Ini Alasannya

Penanganan flu puas kucing

Jika Ia menemukan cak semau gejala flu pada kucing, maka lekas lakukan penanganan pertama agar infeksi tak semakin memburuk.

Sediakan tempat istirahat yang nyaman ketika kucing tengah flu, agar sistem imunnya meningkat dan bisa melawan infeksi virus.
Unsplash/Linh Nguyen
Sediakan arena istirahat nan nyaman ketika kucing paruh flu, mudah-mudahan sistem imunnya meningkat dan bisa melawan infeksi virus.

Drh Rahmanita menyarankan agar pemilik kucing menyediakan kandang yang hangat dan nyaman cak bagi kucing beristirahat selama sakit.

Detik kucing bisa mengadem dengan nyaman, maka sistem imunnya diharapkan bisa meningkat dan bisa kuat melawan virus.

“Jauhkan kembali kucing yang tengah sakit dengan kucing lain, karena virus influensa bisa sangat meluas,” ujar Rahmanita kepada Kompas.com, Kamis (17/02/22) pagi.

Sekiranya selera makan kucing menurun, pemilik bisa mencoba menyuapi kucing dengan kas dapur basah yang makin mudah dicerna oleh kucing.

Mantri yang berpraktik di Griya Satwa Lestari Semarang ini juga mensyurkan agar kucing dijemur di bawah kurat matahari pagi secara rutin agar sistem imunnya meningkat.

Baca :   Bagaimana Cara Menanam Bunga Teratai

Agar kotoran tak menumpuk dan menjadi sarang bakteri dan kuman, bersihkan wajah kucing dari dahak secara rutin dengan lap basah yang mutakadim dicelupkan ke air hangat.

“Jangan mencoba memberi obat flu dan penurun demam anak adam kepada kucing, seperti misalnya paracetamol. Karena obat-obatan manusia dapat lewat meracuni kucing,” ujar Rahmanita.

Jika flu enggak segera reda, segera panggul kucing ke sinse hewan terhampir lakukan mendapatkan penanganan nan sesuai.

Selain kasih pembeli-obatan kedokteran, dokter galibnya akan berbuat terapi nebulizer atau penguapan bakal mengencerkan rahak dan melancarkan saluran pernapasan kucing.

Andai upaya penangkalan, untuk vaksinasi meong secara lengkap. Kendati tak dapat melindungi kucing 100 uang berbunga serangan virus, hanya vaksin boleh menaruh tingkat keparahan gejala.

Baca kembali: Tidak Hanya Mohon Bersantap, Ini Alasan Kucing Menatap Kita Berlena

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Yuk bergabung di Grup Benang besi “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install tuntutan Telegram tambahan pula tinggal di ponsel.

Ciri Ciri Kucing Batuk Pilek

Source: https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/17/133000465/mengapa-flu-pada-kucing-susah-sembuh-ini-penjelasannya?page=all

Check Also

Cara Tanam Bunga Kenanga

Bunga kenanga nan telah melangkaui proses penyulingan dengan patra atsiri nan dihasilkannya yakni komoditi ekspor …