Contoh Proposal Usaha Kain Flanel

Contoh Proposal Usaha Kain Flanel


Bab I


PENDAHULUAN



1.1.



Meres Bokong Masalah

Hiasan merupakan suatu yang bisa mempercantik dagangan yang lain maupun benda lain. Kejadian itu berarti terserah keterkaitan antara benda yang satu dengan benda yang lain, dan sangat jelas terlihat bila kita lihat misalnya antara tas pastinya dapat bertambah meruntun takdirnya kita memberikan paesan seperti gantungan kunci pada resletingnya. Hiasan seperi gantungan juga dapat dipakai andai gantungan sentral. Dengan adanya kreativitaslah yang boleh menjadikan paesan cantik menjadi unik, dan banyak orang yang ingin mencerna bagaimana cara menjadikan barang yang mereka punya dapat terlihat bertambah mengganjur. Oleh karena itu umumnya orang-anak adam mencari solusi dengan beragam cara, riuk satunya dengan mangsa yang terbelakang namun bisa dijadikan hiasan menyeret seperti gantungan pokok tiras flannel atau kain felt. Selain itu penyangkut reja flannel kembali banyak di pesan andai souvenir pernikahan, hadiah ataupun himpunan.

Seiring dengan banyaknya kebutuhan untuk mengkoleksi ataupun menjadikan souvenir, maka munculah pula bisnis yang menawarkan jasa pembuatan aneka jenis dan souvenir lucu bermula kain flannel.

Bersendikan berpunca parasan belakang tersebut boleh dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

1. Cak kenapa banyak orang yang terdorong dengan hiasan ataupun pernak-pernik dari



kain flannel?

2. Apa yang di butuhkan bakal membuat gantungan dari kain flannel?

3. Berapa kisaran harga pada souvenir berpunca kain flannel?

4. Sasaran pasar yang bagaimanakah yang tepat untuk bisnis souvenir karet flannel?

5. Apa manfaat yang boleh diambil bersumber konsumen dan penyusun?


1.3.Tujuan

Berdasarkan berasal latar belakang tersebut, tentang tujuannya yaitu misal berikut :

1. Mengasihkan informasi kepada awam cak bagi tegar mengembangkan dan melestarikan kreativitas yang dapat bermanfaat dalam bisnis terutama n domestik bisnis souvenir dari karet flannel.

2.
Menyerahkan proklamasi untuk memulai usaha dalam bidang daya kreasi melintasi aneka souvenir pecah tiras flannel.

3.
Memasrahkan ide – ide kreatif
dalam mengembangkan usaha dengan kreativitas





terutama n domestik pembuatan souvenir terbit kain flanel.


1.4.Latar Belakang Perusahaan.




1.4.1.DATA PERUSAHAAN

1.Tanda Firma

: BSI Flanel Craft
2.Permukaan Usaha

: Souvenir
3.Diversifikasi Komoditas

: Manuver Kain flannel
4.Objek Firma

: Jln.Kalibata Raya No.11 Jakarta-Selatan
5.Nomor Telepon

: ( 021) 7922219
6.Incaran Email

: [email protected]
7.Bank Pendukung

: Bank Central Asia
8.Start Berdiri

: 10 Oktober 2010





1.4.2.BIODATA Empunya /PENGURUS

1.Nama

: Anis Sinar Azizah

2.Jabatan

: Pemilik
3.Tempat/Tanggal lahir

: Jakarta,25 November 1991
4.Alamat Rumah

: Jln.Kalibata Raya No.11 Jakarta-Kidul
5.Nomor Telepon

: ( 021) 94311765
6.Sasaran Email

: [email protected]
7.Pendidikan Bungsu

: D3



Pintu II


PEMBAHASAN


2.1. Mulanya Mula Bisnis Kreasi berasal Kain Flannel

Bekerja tidak namun boleh dilakukan dengan barang nan langka dan langka didapat. Tetapi tetapi dengan bulan-bulanan yang tercecer dapat dijadikan hasil penciptaan nan memuaskan terlebih bisa mendatangkan keuntungan. Kreasi kembali distorsi dating berusul sekedar hobi, hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan.

Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi dapat mendatangkan apendiks penghasilan dalam jumlah nan lumayan. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka rakitan bisa dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu kretivitas yang dapat dijadikan souvenir adalah kain flannel. Kejai flannel bukan hanya mengandalkan kreativitas tetapi pula harus dibarengi oleh keterampilah menjahit. Lakukan itu lakukan anda nan habis tertarik dengan aneka jenis dari kain flannel dan ingin mewujudkan

seorang harus memiliki keterampilan menjahit.


Hiasan ataupun souvenir ini banyak diminati oleh anak asuh-anak, remaja ataupun insan dewasa. Bentuknya nan unik dan lucu sesuai pemintaan membuat insan mengesir souvenir tersebut. Kegunaan kerajinan ini yaitu sebagai souvenir hari lahir, pusparagam, souvenir pernikahan, hadiah dies natalis, dll. Bahan-objek yang digunakan merupakan mangsa yang mudah didapat dan murah. Hal nan diperlukan dalam membuat kerajinan yaitu kreatif. Dengan daya kreasi, akan tercipta bentuk-bentuk yang tersendiri dan lucu. Harga bikin target bakunyapun relative murah. Kemudian bahan – sasaran lainnya seperti ring gantungan dan benang sangat mudah didapat serta mudah dijangkau.


2.1.1. Keterangan yang dapat diberikan Sebagai Kohesi Konsumen

Sesuatu nan dibuat dengan cara primitif doang memiliki rahasia tarik dan keunikan tentu doang dapat membuat sebagian bani adam menjadi penasaran. Seperti pada halnya kreasi yang dibuat dengan menggunakan bahan asal cemping flanel ini dapat menarik masyarakan bikin mengkoleksi ataupun cak bagi dijadikan sebagai souvenir. Dalam pembuatan penciptaan pernak-pernik dari kain flanel ini bukan sekadar kretivitas yang dibutuhkan tetapi lagi kegesitan menjahit, karena biasanya internal pembuatanya nan lumrah dipesan harus sesuai dengan aplikasi sang pemakai.


2.2. Latar Bokong Identitas Pemanufaktur

Meski masih kuliah, sahaja anak-anak kampus BSI ini berkeinginan membuka usaha.

Bersama teman-temannya, ia membuka industri rumahan dengan membuat bermacam rupa kreasi kerajinan tangan pecah kain flanel.

Berawal dari hoby Usaha rumahan ini mendatangkan kebolehjadian propaganda dan sumber pendapatan bagi kami. Sahaja kala itu, ia doang membuat dan menawarkan kepada teman kuliahan, jiran dan kerabat dekat semata-mata melalui secara serentak maupun lewat facebook. Hingga pada medio 2010 kami mulai memproduksi sendiri, yang kemudian berdagang lapak terbit lapak satu ke lapak tidak setiap akhir minggu. Belanja dan membentuk kemudian menjual koteng hasil rakitan flannelnya.

Baca :   Y Rins Tetes Mata

BSI Flannel Craft dipilih kami sebagai etiket usahanya yang  diambil bermula nama kampusnya. “Bunyinya simpel dan mudah diingat manusia,” .

Aksi kerajinan flannel seorang amat prospektif sebab belum banyak yang melirik peluang usaha ini khususnya didaerah kami. Dan tentu saja kampanye tersebut mengasihkan energi baru dan semakin menambahkan penghasilan.

Selain itu cak semau juga reka cipta flannel dengan permainan abjad dan angka yang bisa panas psikomotor anak.
Softcase notebook
dan HP, berbagai aplikasi flannel lucu yang dibuat gantungan siasat dan HP.


2.2.1
Personalia dan Perlengkapan kantor.


ü



Dalam usaha flannel ini kami n kepunyaan 10 personil tenaga kerja yang masing-masing personil mempunyai tugasnya masing-masing, diantaranya :


1.



Anis Nur Azizah sebagai Pemilik Persuasi.


2.



Shala Putrianti ibarat Administrasi / moneter


3.



Desi Paramita Dewi sebagai
Pemasaran


4.



Laksmi langgeng ibarat
Pemasaran.


5.



Yane sebagai
pengorganisasi Pelaksana Pengiriman Produk.


6.



Denih Mulia
sebagai Driver.


7.



Isna
Andini sebagai atasan produksi.


8.



Eva
Sarifatul
Wafa umpama putaran produksi


9.



Anita Yuliana Sirait andai bagian produksi

10. Arif Dana Maulana sebagai bagian produksi


11.



Emeline Victorine andai bagian produksi.


ü



Adapun Perlengkapan biro bak berikut :


1.



punya 1 urat kayu produksi nan nyaman


2.



mempunyai 1 unit komputer


3.



memiliki 1 telepon jawatan


4.



memilikli 1 unit motor


2.3.Produksi Kain Flannel.


2.3.1.Alat dan Sasaran yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Kreasi dari Tiras Flannel

Internal pembuatan serba-serbi berpangkal kejai flanel pasti saja harus menggunakan alat dan bahan. Alat dan bahan yang digunakan sangat terlambat dan mudah didapat, seperti mana :

1. Kain flanel dengan dimensi sesuai selera

2. Gunting kain

3. Lawe woll

4. Lem ( kalau diperlukan)

5. resleting (jika diperlukan)

7. ring ampaian (jika diperlukan)

8. Pensil

9. Jarum jahit

10. Aneka Pita

11. Pernak Pernik Hiasan


Alat dan bahan tersebut dapat digunakan sesuai dengan bentuk dan motif yang diinginkan. Bentuknya kembali majemuk sama dengan bentuk biji zakar-buahan, pejabat binatang dan dengan beragam keefektifan sebagaimana untuk gantungan, wadah HP, tempat pensil, taktakan kaca, pewatas buku, dompet koin dan enggak-lain


2.3.2.Proses pembuatan.


v



Persiapkanlah bahan dan perlengkapan yang digunakan seperti: perca flannel aneka warna, utas suji & benang jahit, penyemat, gunting, merjan hitam, ritsleting, lungsin, dan lem serbaguna.


v



Buatlah pola penciptaan yang diinginkan pada plano karton, gunting silam pindahkanlah pola tersebut pada cemping flannel dengan menggunakan potlot/pulpen gel (buat kain flannel bercat cerah) atau kapur jahit (lakukan kain flannel bercat liar).


v



Gunakanlah karet flannel yang bersih dan tidak memiliki mantan tisikan. Bikin merapikan perca flannel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati

dan suhu seterika jangan terlalu semok.





v



Gunakanlah benang sulam untuk menjahit kain flannel, warnanya disesuaikan dengan rona kain flannel.


v



Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tetak hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang minimum sering digunakan yakni tusuk feston karena selain memperindah bentuk invensi yang dihasilkan, tusuk feston ini penting untuk merapikan pinggiran kain flannel, menggabungkan 2 lembar kain yang mempunyai bentuk dan ukuran nan setimbang, serta untuk menjahit kancing tarik pada kain.


2.3.3.Barang Nan Dihasilkan

Dewasa ini,

Minded
nan dimiliki masyarakat lebih menggarisbawahi
kepada suatu keadaan yang farik dan orisinal dibandingkan dengan orang
kebanyakan, terutama pada satah

fashion.
Hal ini dapat dicontohkan dengan banyaknya satu kecondongan ala Jepang, dimana istilahnya yakni Harajuku.

Kita
dapat menyusun diri kita dengan beraneka rupa tipe gaya. Untukmendukung keadaan tersebut, tak rumit individu-hamba allah menggunakan suatu
aksesoris bakal menambah kesan seharusnya terlihat bertambah modis.
Mengintai hal tersebut, kami berujud untuk mengambil kesempatan bikin memulai suatu usaha di permukaan aksesoris. Belum banyak individu mengarifi satu komoditas yang diproduksi menggunakan suatu bahan seperti
kain flannel. Apabila kejai flannel dikreasikan dengan baik, maka hasil yang
didapatkan akan tertentang menarik. Berikut beberapa produk berbahan
flannel yang dihasilkan, seperti:

Bentuk 2.1 Kantong Souvenir Rp. 10.000,-









Gambar 2.2 Bross Rp. 5.000,-


Gambar 2.3 Panggung Potlot Rp. 10.000,-




Rencana 2.4 Dompet Rp. 9.000,-









Gambar 2.5 Dompet Hp Rp. 15.000,-



Rajah 2.6 Frame Rp. 35.000,-









Gambar 2.7 Sampul Memo Rp. 13.000,-


Rajah 2.8 Selongsong Binder Rp. 25.000,-


2.3.4.Penetapan Harga

Harga jual berpunca dagangan yang kami jual sesuai dengan tipe tipenya, akan halnya jenis diversifikasi tersebut adalah sebagai berikut :


·



Produk dengan Tipe (S) = Rp. 3.000 – Rp. 10.000, yaitu berupa ampaian trik, sampiran handphone, wadah pensil, dll.


·



Barang dengan Spesies (M) = Rp. 15.000 – Rp. 25.000, adalah faktual tas souvenir, sampul binder, dll.


·



Barang dengan Keberagaman (L) = > Rp. Rp.30.000, yakni berupa frame photo, dll.


2.4 Analisis Industri


2.4.1 Perspektif Masa Depan Pabrik

Menilik kerajinan cemping flannel. Kain flannel yang lembut dan n kepunyaan rona meruntun sangat mudah dibentuk, sedemikian sehingga sering dijadikan pilihan buat membuat plural macam komoditas hiasan, mainan anak, ataupun aksesoris yang digunakan umpama souvenir. Seperti gantungan resep, gantungan HP, bros, klem bulu, hiasan magnet, tiras bulu dan tidak-lainnya. Harga jualnya pun relatif bagus, jika dibandingkan dengan modal nan dibutuhkan, yakni sekeliling Rp. 2.000,- – Rp. 8.000,- . Modal mulanya bisa ditekan, karena produksi mulanya sekadar lakukan sampel, selanjutnya produksi dilakukan hanya takdirnya ada kiriman.


2.4.2 Analisis Persaingan

Pada umumnya, beberapa komoditas yang cak semau di pasaran berbahan plastik, kulit, mika, dll. Sebagian besar masyarakat kurang mengarifi mengenai suatu produk aksesoris nan berbahan flannel. Akibat dari kurang familiarnya para pembeli dengan suatu produk berbahan flannel ini adalah mereka akan memandang sebelah netra dagangan tersebut.

Namun, situasi ini adalah suatu tantangan bagi kami. Kami berusaha lakukan menawarkan produk yang berbahan flannel ini kepada masyarakat.

Dimana produk ini tentunya tidak kalah dengan barang-produk yang sudah ada di pasaran. Tentunya dengan berbagai macam penciptaan yang bisa kami kembangkan seiring dengan berjalannya waktu.

Penjualan produksi handmade berbahan flannel menjadi keuntungan tersendiri kerjakan kami karena bahan flannel ini mudah untuk didapatkan dan
harganya yang relative murah. Selain itu, belum banyak persaingan dalam bisnis penjualan handmade berbahan flannel ini.

Akan semata-mata, kuantitas produksi yang dihasilkan memadai terbatas. Dikarenakan proses pembuatan produk ini menggunakan proses handmade. Selain itu, tingkat kerumitan dan kurangnya waktu pengerjaan lagi menjadi rintangan dalam pembuatan aksesoris. Ditambah dengan ide mewah yang harus selalu inovatif adalah hambatan nan akan menjadi tantangan bagi kami.

Privat memasarkan produk ini, kami punya bilang kemudahan. Diantaranya adalah masih banyaknya interelasi di lingkungan kami yang mempermudah proses penjualan. Selain itu, pada area Depok yang menjadi salah satu tempat pemasaran kami. Keadaan ini akan menjadi peluang yang cukup baik kerjakan kami bakal bertambah mengenalkan produk
komoditas kami.


2.4.3. Segmentasi Pasar Yang Akan Dimasuki

Sasaran dari pemasaran komoditas kami adalah seluruh kalangan
awam, mulai bersumber anak-anak, remaja sebatas dewasa. Kami berani
merambah seluruh limbung karena dagangan nan kami hasilkan sangat beragam dan dapat menjangkau seluruh kalangan. Dengan demikian, produk ini memiliki peluang yang sangat bagus karena masih sedikit yang
memproduksi aksesoris berbahan flannel ini. Laksana produk plonco, handmade tiras flanel perlu memikirkan segmentasi pasar hendaknya mempercepat laju penjualan barang ini koteng.

Di dalam sebuah usaha, segmentasi pasar juga memiliki peran penting

bagi memajukan usaha. Salah suatu alasan berusul melakukan segmentasi pasar adalah bikin meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang mutakadim disusun.
Jika dirinci maka segmentasi pasar usaha kami yaitu sebagai berikut :

Lakukan memaksimalkan pemasaran, kami akan mengimpor produk kami ke seluruh daerah, baik di kerumahtanggaan
kota, maupun diluar

ii kabupaten
. Bikinpemasaran di dalam
kota
kami akan menindak langsung calon konsumen, sedangkan untuk di asing

kota

akan digunakan media internet untuk menjual produk kami secara online.

Untuk segmentasi ilmu kependudukan, usaha kami merambah ke bermacam-macam kalangan,yaitu mulai dari momongan-anak setakat dewasa. Sedangkan beralaskan varietas
kelamin, kami bertambah cenderung pada wanita, belaka tidak menutup
kemungkinan bahwa pria juga dapat menggunakan komoditas kami.

Sementara itu untuk segmentasi secara psikografi, komoditas kami lebih ditujukan pada awam semenjana kebawah. Karena dagangan kami relative murah dan dapat digunakan sebagai pilihan alternatif lakukanmembeli aksesoris.


2.5. Pemasaran





Adapun Pemasaran yang kami bakal merupakan sebagai berikut:


2.5.1.Jasa Pelayanan


Usaha flannel merupakan pabrik rumahan dengan membentuk kreasi kerajinan tangan pecah bahan dasar flannel. Oleh karena itu dalam jasa pelayanannya konsumen yang membeli dalam kuantitas banyak akan langsung diantarkan produk-barangnya ke panggung sang pembeli tersebut.


2.5.2.Pelaksanaan Revolusi




Untuk Pendistribusiannya yakni dengan cara membawa produk-produk kami ke toko/counter yang memesan produk kami melalui email, social network, atau via telpon alias sms.


2.5.3.Promosi Yang Akan Dilakukan

Hal nan kami perlukan dalam mengejar bentuk promosi yang murah dan mengidas iklan yang tepat, antara bukan :


ü



Promosi penjualan, dilakukan dengan cara menyebar pamplet / brosur dari produk yang kami jual.


ü



Mengikuti pameran-pameran nan bertemakan sesuai dengan produk nan kami pasarkan.


ü



Melangkahi Situs Jejaring Sosial.


2.5.4.Pengembangan Produk

Selalu Up to date dengan urut-urutan dari produk nan kami buat, strategi ini mencakup perubahan barang nan setia memperalat cara produksi nan sama, bila mana kita mengetahui bahwa alamat pembeli mulai bosan dan kita harus menyangkal atau membuat sesuatu yang tunggal berusul produk yang dibuat sehingga komoditas tersebut memiliki cirri tersendiri spesial yang berbeda dengan dagangan buatan tidak.


2.6. Resiko kelemahan dalam pembuatan kain flannel


Ø



Kalah privat hal Personal Branding.

Lego barang Kain Flanel memang gampang gampang sulit, promo sana sini tapi tetap enggak terserah hasil.  Mungkin anda berfikir nan salah ialah produknya alias anda yang kurang giat atau terserah yang salah dengan anda. Sementara itu sebaliknya, bikin seseorang yang mempunyai branding/terkenal, dengan mudahnya bisa menjual apapun komoditas yang mereka tawarkan.

Penyediaan ide-idenya yang rendah sehingga mengurangi stock-sediaan nan cak semau sehingga para pelanggan sesekali mengeluh .


Ø



tingkat kesabaran kampanye tinggi

Harus memerlukan imajinasi dan ketahanan tersendiri bakal para pereka cipta kain flanel, hendaknya bisa menghasilkan permainan yang menarik.. adanya kerusakan dalam pengiriman


Ø



Kesalahan dalam pengangkutan barang.

Kesalahan dalam pengiriman barang ke pelanggan akan mengakibatkan kecelakaan bagi si pemilik. Maka harus diperkirakan upaya untuk menghadapi faktor ini.

BIAYA Tegar


1.



Alat Perekat Tembak
2 x @ Rp. 60.000
= Rp. 120.000


2.



Gunting Biasa
3 x @ Rp.
5.000
= Rp.
15.000


3.



Gunting Gerigi
2 x @ Rp.
7.500
= Rp.
15.000


4.



Belebas Ukr. 30 cm
5 x @ Rp.


2500
= Rp.
12.500


5.



Penusuk Jahit
1 box
= Rp.
7.500

Besaran
= Rp. 176.00


BIAYA Variabel DALAM WAKTU 1 BULAN


1.



Kain Flanel
200 pcs x @ Rp. 1500
= Rp. 300.000


2.



Dacron
2 kg x @ Rp. 10.000
= Rp.
20.000


3.



Aksesoris


= Rp. 100.000


4.



BenangSulam
50 x @ Rp. 1.500


= Rp.
75.000


5.



Isi Perekat Tembak

5 x @ Rp. 2.000
= Rp.
10.000


6.



Tali Coor
30 x @ Rp. 1.000
= Rp.
30.000


7.



Peniti Bross
50 x @ Rp. 500
= Rp.
25.000

Jumlah
= Rp. 560.000

BIAYA OPERASIONAL


1.



PEMAKAIAN LISTRIK
= Rp. 20.000


2.



TRANSPORT
= Rp. 10.000

TOTAL
= Rp. 30.000

Perincian HARGA/Pcs

Type
(S)
= Rp. 3.000 – Rp. 10.000

Type (M)
= Rp. 15.000 –
Rp. 25.000

Type (L)
= > Rp. 30. 000

ESTIMASI PENJUALAN DALAM WAKTU 1 BULAN


Type
(S)
= 150 pcs @ Rp. 3.000
= Rp. 450.000

Type (M)
= 25 pcs @ Rp. 20.000
= Rp. 500.000

Type (L)
= 10 pcs @ Rp. 45.000
= Rp. 450.000

TOTAL
= Rp. 1.400.000

BIAYA VARIABEL Bagi MEMBUAT
1 pcs Ampaian HANDPHONE


1.



Perca Flanel
3 pcs x @ Rp. 1.500
= Rp. 4.500


2.



Lawai Coor
1 buah
= Rp. 1.000


3.



Lawe Rekam
1 pcs
= Rp. 1.500


4.



Lem
= Rp.
500

Total
= Rp. 7.500

KEUNTUNGAN = PENDAPATAN Kumuh – TOTAL ( Konstan + VARIABEL
+ OPERASIONAL )





=
Rp. 1.400.000 – Rp. 766.000
= Rp. 634.000

Rekaan BEP ( BREAK EVENT POINT )

BEP
=

BIAYA Kukuh







HARGA/Pcs – B.VARIABEL/Pcs



=

RP. 176.000







Rp. 10.000 – Rp. 7.500





= 58, 6

Jadi, dalam tahun 1 bulan buat mencapai BEP penjualan komoditas dengan harga Rp. 10.000/pcs sebanyak 58 pcs.


BAB III


PENUTUP

A. Deduksi

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat di simpulkan umpama berikut :


1.



Kita dapat memulai usaha tidak hanya dengan biaya nan besar dan cara nan pelik, tetapi harus dengan kreativitas mudahmudahan dapat menghasilkan kemungkinan kulak yang menguntungkan.


2.



Dalam menjalankan memikul nan membutuhkan kreativitas, harus lebih ditingkatkan pada keunikan sehingga barang yang dihasilkan n kepunyaan daya tarik tersendiri.

B. Saran

Lakukan para pengusaha pemula, dapat dilihat saran misal berikut :


1.



Mulailah usaha dengan modal yang memadai.

Serta pastikan modal tersebut dikelola dengan baik dan benar.


2.



Pilihlah tempat pemasaran yang sesuai kampanye anda dengan tepat. Tempat dengan sasaran pasar.


3.



Pastikan promosi dilakukan secara maksimal bagi memperkenalkan kulak flannel kamu yang telah di jalankan, bisa melalui alat angkut cetak maupun face to face atau dengan demo.


4.



Tampilkan kreativitas – kreativitas baru yang istimewa, menyeret agar dapat menarik hati para pemakai

Daftar bacaan

Yunita, Eka. 2007. Kreasi Flannel Kerjakan Souvenir. Jakarta: Puspa Swara.

Contoh Proposal Usaha Kain Flanel

Source: https://mrcoemi.blogspot.com/2019/02/contoh-proposal-makalah-kreasi-kerajina.html

Check Also

Yongki Komaladi Asli Dan Palsu

Yongki Komaladi Asli Dan Palsu Simple dan buat kita sempat takdirnya komoditas ini tuh Cosrx …