Jamu Agar Ayam Pelung Berkokok Panjang

Jamu Agar Ayam Pelung Berkokok Panjang

Ayam pelung (Gallus gallus radiatus) merupakan ayam hias bersuara merdu yang banyak dikembangbiakan di daerah Jawa Barat. Ayam ini merupakan plasma nutfah Kabupaten Cianjur, tetapi waktu ini sudah “go nasional” dan banyak dibudidayakan di provinsi lain di Indonesia. Mengidas, merawat, maupun melatih mandung pelung jelas berbeda berasal ayam jantan peliharaan lainnya. Sebab ayam pelung mempunyai bobot lautan, dan suara miring kokok yang super-tahapan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Indonesia memang berbenda dengan beragam variasi unggas hias, khususnya ayam jantan, tiba dari ayam kokok balenggek berpunca Minang, ayam cemani terbit Kedu, ayam ketawa dari Sulawesi Selatan, ayam nunukan pecah Kalimantan Timur, hingga ayam pelung dari Cianjur.

Artikel kali ini membahas adapun ayam pelung, terutama berpokok aspek seleksi (pemilahan) sari, perawatan, hingga aspek adu / kontes.

Memilih ayam pelung yang baik

Ayam pelung jantan
Ayam pelung nekat

Ayam pelung banyak dijual di pasar unggas, lazimnya bergabung dengan penjualan unggas spesies lain tercantum burung kemarahan.

Selain di pasar unggas, Anda pun bisa membeli bibit, ayam remaja, dan ayam dewasa berasal para peternak. Apalagi banyak peternak ayam pelung yang buka lapak di forum jual-beli online.

Memilih ayam pelung berkualitas membutuhkan kejelian, pula  pengalaman tersendiri. Para peternak biasanya memisahkan ayam pelung yang menetapi patokan calon, sehingga saat kita hendak membeli, mereka galibnya akan menunjukkan produk siap lomba, atau ayam muda yang memiliki peluang bagus kerjakan lomba.

Berikut ini beberapa ciri berpokok ayam pelung bagak yang dapat dijadikan panduan bagi Anda :

  • Ayam aduan pelung mutakadim berumur 1 tahun atau bertambah.
  • Rajah kepala bundar atau lonjong besar, dengan mata beralis, ain menyinar, dan wajahnya tampak beringas. Ini menandakan ayam jantan memiliki rasam pemberani atau bermental pangkat.
  • Bobot badan minimum 5 kg. Makin berat bobotnya, umumnya makin baik penampilan ayam tersebut. Ayam pelung merupakan keseleo satu jenis ayam bukan ras (buras) yang bertubuh paling gembuk. Sebab ayam jago buras jantan biasanya tetapi berbobot 2,5 kg.
  • Celaan atau kokoknya panjang dan asli.
  • Aktif berputar (energik) dan berjalan dengan tegap (gagah).
  • Pelalah menggeragau kapling, baik bakal mencari sisa pakan atau menepati kebutuhan mineralnya.
  • Punya ranggah berbentuk tunggal, dengan matra besar, tebal, dan pelahap agak kelam. Babak pinggir meradak bergerigi dengan warna merah tua.
  • Paruhnya kuat, baplang, dan jirus.
  • Warna kaki sama dengan warna kukunya.
  • Memiliki sepasang memetik (gelambir di babak dagu) yang berukuran besar, membulat, dan berwarna kesumba.
  • Lehernya besar, panjang, ditumbuhi rambut-rambut baplang bewarna merah-hitam mengkilat.
  • Temboloknya besar dan menonjol, sedangkan dadanya bidang, rata gigi, dan abadi.
  • Kedua sayapnya kokoh, dengan rambut sayap tersusun segeh dan tampak mengkilap.
  • Rambut ekornya menjurai jenjang.
  • Kedua kakinya tangga dan abadi, berbentuk seperti persegi, dengan sugi-sisik yang bersebelahan dan bersih, serta memiliki taji / tegil nan ki akbar. Cakarnya juga raksasa.
  • Corak kaki yang baik adalah hitam kebiruan, hitam kehijauan, atau putih keabuan. Warna kuning pada kaki menandakan ayam pelung kesatria tersebut sudah bukan lagi galur murni, tetapi tercampur dengan genetik ayam kampung resmi. Hanya saja, fakta di lapangan menunjukkan, banyak ayam jago pelung berkaki kuning yang memiliki kritik kokok dan performa bagus.
  • Paha berdaging baplang, yang menunjukkan kekuatan otot di bagian tersebut.
  • Postur tubuh secara keseluruhan ki akbar dan panjang, dengan bagian depan bodi kian ki akbar, kemudian ke pantat mengecil.
Baca :   Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Cepat Gemuk

Perawatan ayam pelung

Ayam pelung kini semakin banyak dipelihara di berbagai daerah di Indonesia
Ayam pelung kini banyak dipelihara di berbagai area di Indonesia.

Cara mudah memiliki beribu-ribu file MP3 suara minor titit, klik di sini.

—-

Banyak faktor yang boleh membuat ayam jantan pelung gegares kerunyuk, dan durasinya lama. Selain dipengaruhi faktor genetik, penampakan kokok ayam aduan pelung juga ditentukan pula maka dari itu faktor konservasi harian, seperti kepadatan dalam memandikan dan mengelantang ayam, anugerah pakan berprotein tinggi (menjaga otot tetap bagus), jamu eksklusif bakal ayam pelung, serta pelatihan. Jangan lupakan juga aspek kebersihan kandang, sebab pecah sinilah kenyamanan ayam menjadi pemicu mulanya performa suaranya.

1. Jaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya

Secara rutin, bersihkan kandang ayam bagi mencegah serangan penyakit nan berpunca dari bakteri, virus, cendawan, dan parasit. Bersihkan kandang secara ajek, mulai pecah lantai dasar hingga sekedup-sela kandang. Barang Om Kicau seperti


FresAves


 juga bisa digunakan seumpama desinfektan (penyapu hama) pada kandang dan tubuh ayam pelung.

Lokasi kandang diusahakan ketularan curahan semarak surya pagi, nan merupakan mata air provitamin D dan suntuk berguna kerjakan pertumbuhan tulang pada ayam. Jadi, diusahakan kandang menghadap ke arah timur adalah kilap rawi pagi dapat menembus interior kandang. Situasi ini pula membantu kandang agar selalu dalam situasi gersang, tidak lembab. Sebab kandang yang lembab mudah ditumbuhi jamur dan cepat berbau.

2. Berikan pakan nan tepat.

Pakan harian ayam pelung merupakan campuran beras sirah, kacang plonco, dan gabah. Selain itu, buah-buahan bisa diberikan sebagai pakan tambahan (extra fooding).

Berikut ini sejumlah macam buah dan manfaatnya buat ayam jago pelung:

  • Pisang : bermanfaat buat melunakkan suara dan menyamankan tenggorokan.
  • Pepaya : menjaga kesehatan pencernaan bermula ayam jago pelung.
  • Sitrus: dapat mencegah dan mengobati suara serak / ngorok.
  • Tomat : bermanfaat menyurutkan tenggorokan dan mengurangi lendir jebah.

Agar buah dapat diberikan secara berselang-bergantian, sehingga kemanfaatannya boleh dirasakan langsung oleh ayam jago pelung Beliau.

Extra fooding
hewani juga boleh diberikan, agar diversifikasi protein lebih bermacam-macam. Anda bisa memberinya belut, ikan mungil, keong,  siput, dan sebagainya.

3. Hidayah multivitamin

Pemeliharaan ayam jantan pelung jelas berlainan dari perawatan mandung kampung biasa, karena tujuan pemeliharaannnya juga berbeda. Sebagian besar ayam pelung dipelihara bakal dinikmati kokoknya. Maka dari itu karena itu, kebutuhan nutrisinya berbeda berasal ayam kampung yang biasanya diambil telur atau dagingnya.

Hidayah gizi sangat penting untuk mandung pelung, kiranya kondisinya selalu fit, besar perut berkokok, dan memiliki power asing biasa. Anda dapat menggunakan multivitamin generik yang biasa dikonsumsi basyar, alias bisa kembali multivitamin khusus ayam aduan.

Dapatkan permohonan Omkicau.com Gratis…
Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play
Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain membuat kondisinya segar, ayam aduan lagi mempunyai sistem pertahanan tubuh yang lebih baik, sehingga relatif bisa mencegah infeksi penyakit tertentu, khususnya yang biasa menyerang ayam sebagai halnya tetelo atau ND.

Baca :   Agar Tabebuya Berbunga Lebat

Selain semenjak pelestarian internal matra standar terdapat pun perawatan tak yang berkaitan dengan perawatan tubuh dan kondisi alias prakondisi, ialah pemberian jamu jamuan dengan bahan dasar herbal. Berikut riuk satu biaya siluman merincis jamu buat ayam pelung kiranya mempunyai nafsu bersantap tinggi.

4. Berikan ramuan tradisional / jamu

Ayam pelung yang protokoler dilombakan galibnya rutin diberi jamu atau ramuan tradisional, cak bagi menggunung nafsu bersantap, penambah stamina, meningkatkan sistem kubu badan, dan bisa memperhalus celaan alias mencegah gangguan suara miring.

Berikut ini ramuan tradisional untuk ayam aduan pelung hasil rincihan BAP Team :

Bahan nan dibutuhkan :

  • Kunyit, 5 sendok makan (sdm)
  • Kurkuma putih, 2 sdm
  • Sua ireng, 2 sdm
  • Temulawak, 2 sdm
  • Kencur, 2 sdm
  • Bubuk beras berma, 3 sdm
  • Tepung kacang hijau, 3 sdm
  • Madu, 3 sdm
  • Telur bebek, 2 butir

Proses pembuatan :

  • Semua korban, kecuali madu dan telur belibis, ditumbuk sampai menjadi abu.
  • Campurkan serdak tersebut dengan sembayan dan telur, sehingga membentuk adonan atau tapal.
  • Adukan dibentuk seukuran nilai jagung, lalu  dijemur hingga kering.
  • Sehabis kering, butiran jamu bisa disimpan di panggung tertutup berkembar dan objektif serat.

Dosis pemakaiannya bak berikut :

  • Ayam pelung jantan dewasa : 2 butiran, diberikan sore perian, dengan frekuensi tiga barangkali seminggu (misalnya Senin, Rabu, dan Jumat).
  • Ayam jantan pelung betina dan anakan/taruna : 1 butir, diberikan setiap senja, frekuensi dua kali sepekan.

Ada juga bahan herbal lain nan pula biasa Anda racik bakal diberikan kepada ayam pelung, misalnya :

  • Bawang zakiah tunggal (garnier): diberikan 2 pekan sekali, dengan dosis 1 butir untuk ayam jago dewasa dan 1/2 butir kerjakan ayam betina / ayam muda.
  • Halia: diberikan seandainya kondisi seri anyep. Kasih jangan berlebihan, karena jerangau memiliki sifat sensual di dalam tubuh, dan bisa menimbulkan gangguan suara atau gangguan sreg tenggorokan.

Penilaian ayam pelung dalam lomba

Penilaian terhadap mandung pelung dalam lomba / kontes menghampari beberapa kriteria, mulai dari ketua hingga ekor, nan ditandai dengan pataka corak putih.

Penilaian tak diutamakan sreg tolok suara ayam aduan, tiba bersumber keharmonisan, suara minor pasukan, suara tengah, dan celaan ujung. yang nantinya akan ditandai dengan standard warna merah, kuning, dan sensasional.

Cak bagi mengetahui karakteristik suara dan memori ayam pelung, yuk lihat pula artikel
Suara dan karakteristik ayam pelung.

Sementara itu penjelasan tentang kriteria celaan yang menjadi sumber akar penilaian dalam kontes ayam jantan pelung hingga waktu ini masih mengundang perdebatan di kalangan penggemarnya. Namun, misal panduan, berikut ini kriteria minimum dasar menurut bilang sumur:

  • Suara dasar yang merupakan ciri partikular ayam aduan pelung dan yang membedakannya dari jenis mandung lainnya. Beberapa pecandu mengatakan, tolok kritik yang bagus merupakan bersuara bulat, kristal, empuk, dan terdengar seperti menggema (echo). Rata-rata ayam pelung yang baik mempunyai anju suara begitu juga huruf U.
  • Suara miring bala atau kritik sediakala pecah kokok ayam pelung yang bagus harus kudus, dengan tempo lambat, dengan ketukan renggang. Berikut contohnya :
    • u – u – u
      = disebut kukudur
    • u – el
      = disebut kukelur
    • u – eu
      = disebut  kuker
  • Suara tengah, alias celaan nan dikeluarkan setelah kritik pasukan, harus memiliki musik yang meninggi. Contohnya “u u u elllllll UUUUUUUUUUUUUU … “. Di sini celaan tengah ditandai dengan abjad U osean. Kritik tengah, maupun disebut juga BITU, akan menjadi lebih baik lagi jikalau terdengar kian osean dari celaan dasarnya.
  • Sikap ayam dalam berkokok, terutama saat mengeluarkan suara minor tengah, juga dapat terlihat dari gayanya ketika melantunkan lagu, yaitu :
    • dengan paruh berdekatan
      (mingkem)
      : ayam dengan sikap seperti ini biasanya menghasilkan suara yang kian lembut.
    • Dengan paruh ternganga
      (mangap)
      : ayam dengan sikap sebagaimana ini menghasilkan suara yang lebih lepas, seperti basyar berteriak.
    • dengan tengah bergetar : ayam dengan sikap seperti mana ini menghasilkan suara nan cenderung kotor, serak, maupun tidak asli, dan terdenger bergetar.
  • Suara akhir / kritik ujung merupakan suara ujung berpunca kokok ayam pelung. Celaan ini ditandai dengan penurunan musik dan pelepasan nafasnya. Tolok yang bagus adalah suaranya menurun, seperti membantut suara, kemudian dilepas juga. Selain itu, suara ujung juga harus bersih dan besar.
  • Irama adalah lagu / kokok ayam pelung yang terbentuk pada celaan paruh. Dibutuhkan penguasaan lagu oleh ayam tersebut agar ia tidak kehabisan nafas di perdua-tengah. Suara minor ini boleh panjang, boleh pendek, dan bermacam celaan yang tidak bisa dijabarkan secara panjang lebar di sini. Intinya, irama nan bagus merupakan musik yang dikenal dengan istilah Musik SOPAN.
  • Keserasian ataupun kehamonisan suara adalah pertautan lagu nan dimulai dari semula hingga akhir. Di sinilah ayam akan menunjukan kemampuan dan kualitas suaranya, dimulai dari suara yang bersih, empuk, volume, dan situasi-hal enggak yang menunjukkan kualitas suaranya.
Baca :   Penyakit Hole in the Head Pada Ikan

Para penggemar ayam pelung karuan ingin menguji kemampuan burungnya intern kontes / lomba. Sayangnya. frekuensi lomba masih minim, dan umumnya hanya digelar di Pulau Jawa, khususnya di provinsi barat. Peristiwa ini perlu mendapat perhatian lebih serius dari pihak tersapu, khususnya komunitas / paguyuban ayam aduan pelung.

Metode gurah dan pelatihan ayam pelung

Bikin perawatan sebelum tanding, ayam pelung kebanyakan memasuki tahun keharusan mudahmudahan kondisi kesegaran dan mentalnya prima saat berlomba. Keharusan tanding ini biasanya dilakukan dengan pendirian melakukan gurah, sekitar 3 pekan sebelum tanding.

Metode gurah dilakukan dengan cara mengasihkan minuman puas pagi perian. Nah, air meneguk yang diberikan ini adalah air rebusan daun dadap, yang dicampur air matang. Setelah diberi meneguk, berikan lagi telur (boleh  telur ayam kampung, bisa pun telur itik).

Selain penggurahan, ayam aduan pelung juga harus terus dilatih agar rajin kerunyuk. Dengan demikian, suaranya pun akan terdengar lebih nyaring, halus, dan panjang.

Untuk semok ayam jago besar perut berkokok, Anda bisa memutarkan audio ayam jago pelung lain. Berikut ini audio yang dapat digunakan bikin melatih ayam pelung Beliau:

Dengar dan download suara ayam pelung kontes

  • Suara ayam pelung 1   |
    Download

  • Suara ayam pelung 2   |    Download

—-

Terdahulu:Pelir Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu
yang ini.

BURUNG Afiat BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN
BIRD MINERAL
DAN

BIRD MATURE

Bintang sartan PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Jamu Agar Ayam Pelung Berkokok Panjang

Source: https://omkicau.com/2013/09/25/memilih-dan-melatih-ayam-pelung-unggulan/

Check Also

Yongki Komaladi Asli Dan Palsu

Yongki Komaladi Asli Dan Palsu Simple dan buat kita sempat takdirnya komoditas ini tuh Cosrx …