Mayonaise ialah salah suatu spesies saus yang digunakan untuk penambah rasa dalam banyak hidangan. Beberapa keberagaman lambung akan bertambah mak-nyus jika ditambahkan mayonaise. Bukan sahaja salad biji zakar atau sayur, bilang orang kembali menggunakan mayonaise lakukan aneka gorengan, roti isi, bahkan sop. Di pasaran sendiri, mayonaise sering dijual secara kiloan dengan harga mulai puluhan ribu dolar.

Proses Pembuatan Mayonaise

Ilustrasi: Pembuatan Mayonaise (credit: thepioneerwoman)

Sememangnya, mayonaise sudah dikenal di Indonesia sejak zaman kolonial. Namun, mulai digemari memasuki milenium ketiga. Mulanya, mayonaise memiliki harga mahal dan hanya orang pematang atas yang bisa menikmatinya. Seiring waktu, mayonaise diciptakan dengan bahan-incaran lebih berkualitas, sahaja dengan harga terjangkau. Di Indonesia sendiri, ada banyak pencipta mayonaise nan menargetkan harga start ribuan rupiah cak bagi mayonaise selongsong sachet.

Mayonaise merupakan peniruan semi padat dari campuran minyak nabati dengan vinegar, gula, garam, mustard, dan kuning telur sebagai pengemulsi.[1]
Secara tradisional, mayonaise sekali lagi dibuat menggunakan bahan aktual albumen, lemon, dan susu murni. Seiring berjalannya waktu, pembuatan mayonaise modern tidak menunggangi susu polos. Terserah beberapa mayonaise yang menggunakan mustard dan minyak canola seumpama bahan tambahannya. Pembuatannya pun kian sederhana, yaitu dengan mencampur semua bahan yang terserah, sangat mengaduknya sampai teksturnya lebih creamy dan halus.

Karena tingginya permohonan, pembuat mayonaise pun semakin menjamur di Indonesia dan adu cepat dengan pereka cipta temberang tomat dan rapik sambal. Ada banyak produk mayonaise di pasar. Lain namun pasar modern, sama dengan mall maupun supermarket, semata-mata sekali lagi pasar tradisional dan toko aneka target kue.

Produk olahan mayonaise di pasaran pun semakin berkembang. Enggak hanya menghadirkan mayonaise serbaguna, hanya ada banyak varian produk mayonaise lainnya.  Berikut adalah rincian variasi rasa mayonaise di kodian.

Baca :   Cara Membuat Pita Dari Kertas Krep

Ilustrasi: Varian Rasa Mayonaise (credit: marthastewart)
Ilustrasi: Varian Rasa Mayonaise (credit: marthastewart)

Varian Rasa Mayonaise

  • Mayonaise original, merupakan mayonaise serbaguna yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan ketuhar. Rasanya agak sedikit hambar, tetapi sejumlah suka-suka yang abnormal asam. Produk ini bisa Anda pakai bikin takhlik salad dressing, sebagai incaran cocolan gorengan, sebagai bumbu bakaran, dan untuk takhlik saus puding.
  • Mayonaise manis, adalah mayonaise yang memiliki tekstur padat dan rasanya asam manis. Karena, selain mengandung cuka, produk ini juga ditambahkan gula dalam proses pembuatannya. Umumnya, mayonaise manis dijadikan sebagai sasaran untuk takhlik olesan roti, puding, dan aneka kue bercita rasa manis.
  • Mayonaise keju, biasa dikenal dengan cheese mayo, produk ini cukup naik daun di kalangan pencinta keju. Tak hanya punya rasa yang senderut, tetapi juga minus manis dan gurih. Sejumlah produk pula memiliki rasa payau nan dempang mirip dengan keju. Bermula segi rona, barang olahan telur ini lebih asfar dibandingkan dengan versi original dan manis.
  • Mayonaise pedas, n kepunyaan rasa pedas sama dengan sambal, bedanya bertambah creamy dan bersut. Beberapa dagangan pun terasa sedikit manis saat dimakan. Berbeda dengan produk mayonaise lainnya, versi ini berwarna kemerahan dan cak semau juga yang berwarna merah muda, karena mengandung ekstrak dan minyak cabai.
  • Mayonaise salad dressing, merupakan produk mayonaise eksklusif cak bagi bumbu salad. Mayonaise ini sudah dilengkapi dengan garam, petro wijen, cuka, sakarosa, dan potongan daun rosemary. Selain pas bakal salad sayur, produk ini sekata untuk salad daging dan buah.

Untuk harganya, cukup beragam, tergantung bermula varian dan merknya. Di kodian sendiri, cak semau juga yang menjual mayonaise repack. Harga mayonaise repack lebih murah jika dibanding dengan mayonaise kemasan pabrik. Untuk mayonaise repack original atau serbaguna, bisa dijual dengan harga menginjak belasan ribu rupiah hingga puluhan mili yen per kg. Sementara, kerjakan mayonaise varian thousand island dan varian manis atau pedas repack, harganya sedikit lebih mahal. Bagi lebih jelas adapun harga mayonaise kiloan, berikut referensinya.

Baca :   Cara Mengganti Lcd Oppo A37f

Aneka produk mayonais (sumber: epicurious.com)
Aneka produk mayonais (perigi: epicurious.com)

Harga Mayonaise Kiloan

Jenis/Merk Mayonaise Harga per Kg
Mc Lewis Varian Hot Rp18.750
Derita Lewis Versi Sweet Rp20.000
Mamayo Mayonaise Varian Sweet Rp23.000
Mamayo Original Mayonaise Rp26.000
Kenko Mayonaise Sakura Rp27.500
Euro Gourmet Varian Original Rp27.800
Mama Suka Varian Salad Dressing Rp28.000
Maestro Varian Thousand Island Rp29.000
Maestro Varian Original Rp29.580
Prima Agung Mayonaise Varian Original Rp33.500
Mazzoni Versi Original Rp35.000
Mayo Mayonaise Varian Hot Rp38.000
Kewpie Japanese Mayonaise varian Original Rp98.000

Harga mayonaise di atas tidak terpesona dan boleh berubah sekali-kali. Jika dibandingkan dengan periode lalu, harga mayonaise kiloan saat ini ada yang naik dan turun. Perumpamaan sempurna, Maestro varian original yang awalnya dijual dengan harga Rp27 mili saban kg, naik menjadi Rp29 beribu-ribu per kg. Temporer itu, Mazzoni varian original yang semula dibanderol Rp42 ribu saban kg, turun menjadi Rp35 ribu tiap-tiap kg. Selain itu, harga mayonaise tersebut bisa berbeda di tiap toko dan daerah.

[Update: Almas]

[1]
Kartikasari, L. R., B. S. Hertanto, A. M. P. Nuhriawangsa. 2019. Evaluasi Kualitas Organoleptik Mayonnaise Berbahan Dasar Kuning Telur yang Mendapatkan Suplementasi Tepung Purslane (Portulaca oleracea). Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan Universitas Sebelas Maret, Vol. 7(2): 81-87.