Riuk suatu tumbuhan yang mampu berkembangbiak dengan daun merupakan cocor angsa. Cocor belibis ataupun juga dikenal dengan suru belibis merupakan pokok kayu sukulen nan bersumber berpangkal daerah tropis Madagaskar.

Tumbuhan ini banyak ditemukan di pedesaan mengandam pekarangan penghuni. Maka dari itu masyarakat tradisional, bunga cocor bebek dianggap memiliki fungsi obat sehingga burung laut dimanfaatkan menjadi obat tradisional.

Taksonomi

Klasifikasi ilmiah cocor angsa yakni sebagai berikut:

Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Saxifragales
Famili Crassulaceae
Genus Kalanchoe
Sensual Bryophyllum
Tipe Kalanchoe pinnata

Asal

Cocor bebek yang n kepunyaan nama ilmiah
Kalanchoe pinnata
adalah tumbuhan sukulen atau mengandung air nan berbunga dari Madagaskar. Tanaman ini populer dikenal karena kemampuan reproduksinya yang pecah dari tunas-semi patera (taruk adventif).

Selebaran

Tanaman cocor bebek dianggap sebagai tanaman invasif karena persebarannya sangat cepat dan mudah. Selain itu, cakupan selebaran yang begitu laus dipengaruhi maka dari itu pemanfaatan umpama tumbuhan hias.




Pixabay


Bunga cocor belibis hampir tumbuh diseluruh wilayah tropis di dunia, terutama di provinsi Asia, Australia, Selandia Yunior, India bagian barat, Makaronesia, Maskarenes, Melanesia, Polinesia, Hawaii dan Galapagos. Maka dari itu masyarakat jagat rat tanaman ini disebut ibarat Miracle Leaf.

Maka itu awam Jawa, tumbuhan ini kadang disebut
tibodadi
yang berarti
runtuh
kemudian
jadi. Julukan tersebut merujuk sreg recup daun cocor belibis yang drop ke tanah akan tumbuh akar halus dan menjadi tanaman yunior.

Habitat

Tanaman cocor bebek dapat tumbuh ilegal di berbagai ajang dan bermacam kondisi lingkungan, seperti kebun setakat tanah berbatu. Momen ini suru bebek banyak dijadikan pohon hias rumahan karena lain terbiasa perawatan idiosinkratis dan pembudidayaan mudah.

Ilmu bentuk kata Cocor Bebek

Struktur tumbuhan cocor bebek cukup primitif, batangnya pendek dengan tekstur lunak dan beruas. Pada bagian pangkal kunarpa berbentuk sei empat dan sedikit membulat.

Baca :   Struktur Organisasi Perusahaan Sepatu Dan Tugasnya

cocor bebek

Pixabay


Daunnya berukuran mungil hingga semenjana, deras berdaging dan mengandung bilangan air yang jenjang. Pokok kayu ini tumbuh selingkung 30 cm sehingga sepakat ditanam di intern pot.

Daunnya berbentuk bujur telur dan gonjong pada bagian ujungnya dengan tepi bergerigi subtil. Ukuran panjang daun sekeliling 5 sampai 20 cm dengan lebar sekitar 2,5 hingga 15 cm. Pada patera cocor belibis yang telah tua akan merecup semi-tunas yang berfungsi buat proliferasi.

Warna daunnya hijau hingga hijau keabu-abuan. Bunga cocor bebek merupakan bunga berbagai dan menghasilkan biji zakar berbentuk boks. Warna-dandan bunga berbagai macam, seperti mana merah, asfar, putih, pink, cokelat, lembayung, ungu dan lainnya. Tanaman ini mempunyai rasa taksir asam dan dingin ketika dimakan.

Spesies Cocor Angsa

Secara keseluruhan tumbuhan ini terdiri terbit 125 tipe privat keluarga Crassulaceae. Sekadar cuma seputar 5 jenis yang terkenal dan sering digunakan sebagai penghias rumah serta menjadi tanaman pemohon, yaitu:

  • Kalanchoe Pinnata, merupakan jenis cocor bebek yang paling banyak ditemui. Ciri utamanya yaitu corak daun yang hijau dan selalu terlihat segar.
  • Kalanchoe Blossfeldiana, merupakan cocor angsa berdaun sangat tebal dan bercat hijau lanjut usia.
  • Kalanchoe Delagoensis, merupakan jenis cocor angsa nan cukup distingtif karena bentuknya terbantah seperti jenazah dan lain berdaun.
  • Kalanchoe Tomentosa, merupakan cocor bebek berdimensi mungil dan memiliki daun berwarna mentah keputihan karena memiliki rambut nan lembut.
  • Kalanchoe Thyrsiflora, merupakan cocor bebek nan sangat indah karena daunnya nan berwarna mentah dan memiliki gradasi bercelup merah muda.

Kandungan Cocor Bebek

Suru angsa mengandung zat dan senyawa yang berguna kerjakan terapi herbal, seperti asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, zat kapur oksalat, tanin dan bersut formiat.

Lambung yang ada di dalamnya membuat pohon ini kerap digunakan bakal memulihkan demam, lindu penasihat, flu, batuk, sesak, serta penyakit kulit seperti tokek, infeksi, eksim, bisul dan sebagainya. Selain itu, cocor bebek juga dapat memperlancar haid pada wanita.

Keistimewaan Cocor Angsa

Kandungan yang terdapat n domestik cocor belibis memberikan manfaat farmakologi. Investigasi nan dilakukan oleh Quazi Majaz Ahamad Aejazuddin, AU Tatiya, Molvi Khurshid, Shaikh Siraj dari
Ali-Allana College of Pharmacy
dan
Ibn Sina National College for Medical Studies
menyebutkan kandungan kimia cocor angsa meliputi alkaloid, diterpenoidal lactona, glycosida, steroid, fenolik, campuran alifatik.

Baca :   Suku Bunga Mobil Baru Bca Finance

suru bebek

Pixabay


Nafkah farmakologi tersebut termasuk inkompatibel-diabetik, anti-neoplastik, antioksidan, immunomodulasi, berlawanan-lipidemik, anti-alergik, dan bahan kandungan aktif lainnya.

Menurut Sastroamidjojo melalui anak kunciPeminta Kudus Indonesia, menyatakan bahwa bubuk dari daun cocor bebek kering dapat dimanfaatkan bak obat wasir tradisional.

Berikut ialah penjelasan kepentingan tanaman herbal tersebut:

  • Memulihkan Gejala Asma

Patera tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati gejala asma. Bakal memperoleh khasiatnya, kita dapat ki menggarap daun cocor dendang laut sebatas air tersisa setengah berusul takaran dan minumlah air rebusan tersebut secara rutin.

  • Mengobati Luka Garit

Kandungan pada tumbuhan ini kembali bisa mencegah terjadinya infeksi lega luka. Saat kita terluka, maka tumbuklah daun dengan sedikit air kemudian oleskan plong area yang terluka setiap 3 jam.

  • Mengobati Bisul dan Bonyok

Bisul dan bindam bisa diobati dengan episode tanaman ini. Bagian daun cocor belibis mengandung zat herbal yang akan membangatkan penuaan nanah. Caranya cukup mudah, cukup peras daun hingga keluar air dan minum bersama madu. Selain itu, air perasan juga bisa ditapal atau dioleskan pada area memar.

  • Mengobati Radang Telinga Luar

Cara mengobati radang telinga asing dengan suru dendang laut hampir sama dengan pengobatan bonyok sebelumnya. Peraslah bilang kenur daun kemudian gunakan untuk obat tetes telinga.

  • Mengobati Amandel

Rutin berkumur menggunakan ekstrak atau perasan daun cocor bebek juga dipercaya bisa mengatasi kebobrokan amandel. Berkumurlah sebatas dasar tenggorokan agar kesannya maksimal.

  • Mengobati Kancah Gigitan Nyamuk malaria

Bentol akibat gigitan serangga seperti nyamuk dapat diatasi dengan perasan daun tumbuhan ini. Tumbuklah 5 setakat 10 helau dan hingga halus dan mengeluarkan air. Gunakan air perasan dan oleskan apda bagian bekas gigitan serangga.

  • Mengobati Keseleo

Jikalau anggota tubuh kita riuk, maka tanaman ini dapat membantu meredakannya. Memarkan daun cocor bebek kemduian tempelkan sreg bagian yang keseleo selama 30 menit dan ulangi selama tiga mungkin sehari sampai sembuh.

  • Mengademkan Sakit Gigi
Baca :   Cara Tanam Pinang Agar Cepat Berbuah

Ngilu gigi yang menyebabkan basal sreg isit dan pipi dapat diredakan dengan tanaman herbal ini. Memarkan daun suru bebek kemudian tempelkan pada pipi yang bengkak.

  • Meredakan Sakit perut

Alat pencernaan yang terasa mulas dan panas boleh diobati dengan cocor bebek. Kompres lambung dengan tumbukan daun setakat sakit mereda.

  • Kompres Demam

Selevel seperti mana cara menghilangkan sakit perut, tumbukan patera juga dapat digunakan untuk mengompres kepala mudah-mudahan demam segera terban.

Harga & Budidaya

Di pedagang bunga dan tanaman solek, tanaman cocor belibis mempunyai harga nan cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 25.000 untuk macam tanaman hias dan pokok kayu herbal sekitar Rp 20.000. Namun harga suru bebek macam speculum sedikit bertambah mahal, ialah selingkung Rp 60.000 dan berjenis vakum sekitar Rp 100.000.


tumbuhan cocor bebek

Pixabay


Pokok kayu berjuluk
Miracle Leaf
ini lampau mudah ditanam, kita namun perlu menyiapkan media tanam berupa pot nan sesuai dengan konsep tanaman hias yang kita inginkan. Berikut ini yakni cara budidaua cocor dendang laut, yakni:

1. Siapkan Jambangan dan Media Tanam

Siapkan pot yang sesuai dengan desain dan format yang kita kehendaki. Masukkan media tanam konkret fusi tanah dan pupuk kandang atau kompos.

2. Prinsip Tanam

Ambil dua helai daun dari pohon induk nan mutakadim tua lontok dan letakkan diatas wahana tanam dalam pot dan tutup tipis dengan lahan. Siram secara rutin menggunakan spray mudahmudahan tetap menjaga kelembaban ki alat tanam, kemudian tunggu beberapa hari hingga cocor angsa mengeluarkan taruk dan akar lembut.

Dalam setiap helai patera akan menghasilkan beberapa batang tunas. Maka dari itu karena itu, sekiranya tingkatan pokok kayu sudah hingga ke 10 sampai 15 cm maka untuk penjarangan lakukan memidahkan sebagian batang ke sarana tanam lainnya. Sepan sisakan 2 sampai 3 semi n domestik suatu botol.

3. Pelestarian

Siramlah secara rutin setiap pagi dan sore. Tanaman akan bersemi lebih optimal takdirnya pemberian cendawan juga dilakukan. Kita dapat memasrahkan pupuk setiap dua minggu sekali berupa kawul kandang ataupun serat kompos. Lakukan penyiangan takdirnya terwalak gulma yang tumbuh agar cocor belibis bukan berebut gizi tanah dengan pohon lainnya.