Tips Memasak Kolang Kaling

KOMPAS.com –Cak semau pendirian memasak kolang-kaling biar bukan asam yang bisa engkau ikuti dengan mudah. Terutama buat kamu yang akan membuat es buah, es teler, atau kolak untuk menu takjil perian ini.

Kolang-kaling condong memiliki rasa yang cemberut atau kecut. Namun, seandainya diselesaikan dengan etis rasa asam berasal daging buah kolang-kaling bisa hilang.

Berikut lima kaidah memasak kolang-kaling agar cepat empuk dan tidak mudah basi.

Baca pula: Uang pelicin Diskriminatif Kolang-kaling yang Bagus, Bekal Buat Takjil Segar

1. Rendam kolang-kaling dengan air beras


KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN
Aktivitas pemukim Kedunghilir, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur di setiap bulan Ramadhan menginjak sebagai perajin kolang kaling seperti nan tampak Selasa (14/05/2019).

Dikuti mulai sejak buku “Pangan Sehat Tinggi Kalsium Kolang-kaling & Siwalan” (2015) karya Hindah Muaris terbitan PT Gramedia Wacana Utama, ada cara memantek kolang-kaling agar rasa asamnya menyusut.

Caranya yakni cuci ceria daging buah kolang-kaling beberapa siapa. Rendam dengan air beras sepanjang rendah lebih 30 menit.

Setelah itu, bilas dengan air bersih. Air beras dapat membantu mengurangi sputum dan rasa senderut dari daging buah kolang-kaling.

Baca lagi: Anak kunci Es Blewah Kolang-kaling, Takjil Murah buat Jualan

2. Membubuk kolang-kaling dengan air mendidih

Ilustrasi kolang-kaling.
Dok. Shutterstock/Harismoyo
Ilustrasi kolang-kaling.

Dilansir dari artikel
Kompas.com
yang tayang plong Selasa (28/04/2020), Executive Chef Hotal Santika Premiere Jogja, Totok Siswantoko membagikan tips mengolah kolang-kaling, di antaranya adalah mengolah kolang-kaling dengan dua cara.

Baca juga: Uang pelicin Mengolah Kolang-kaling semoga Lain Asam alias Teroris

Mula-mula membubuk dengan air mendidih dan siapkan panci bersih. Tuang air ala kadarnya dan mengetim air sampai mendidih.

Baca :   Contoh Desain Batik Sederhana

Tambahkan daging biji kemaluan kolang-kaling nan mutakadim direndam dengan air beras ke internal panci berisikan air mendidih.

Rebus daging biji pelir kolang-kaling sejauh 15 menit. Angkat dan tiriskan kolang kaling.

3. Rebus kolang-kaling berasal air dingin sampai empuk

Cara memasak kolang-kaling yang selanjutnya merupakan rebus dengan air yang masih dingin sebatas mendidih dengan mengeset api pendiangan kecil.

Dalam penjelasannya, Totok mengatakan “Yang kedua (proses penggodokan) direbus dari air dingin ataupun boiling sampai mendidih terus kecilkan apinya atau istilahnya simmer tekor bertambah 15 menit”.

4. Tambahkan sukrosa dalam rebusan kolang-kaling

Ilustrasi gula pasir menjadi bahan utama untuk mengubah warna lampu LED. Riset yang dilakukan peneliti LIPI ini dapat menjadi ide usaha rumahan lampu hias yang murah.
SHUTTERSTOCK/Alexander Prokopenko
Ilustrasi gula batu halus menjadi bahan terdahulu untuk meniadakan warna lampu LED. Studi nan dilakukan peneliti LIPI ini bisa menjadi ide usaha rumahan lampu rias yang murah.

Selama proses perebusan kolang-kaling yang kedua, ia bisa menambahkan bahan begitu juga gula buat dicampurkan dalam air rebusan daging buah kolang-kaling.

Air gula bisa berfungsi buat mengawetkan kolang-kaling secara alami.

Baca juga: Rahasia Kolang-kaling Es Krim, Takjil Kekinian

5. Tambahkan kembali rempah aromatik

Selanjutnya, cara memantek kolang-kaling kiranya rasa asamnya hilang adalah rebus dengan rempah aromatik sebagai halnya kayu manis.

Selain rempah aromatik, beliau pula dapat menambahkan daun aromatik seperti daun jeruk n domestik air rebusan kolang-kaling.

Merebus kolang-kaling dengan bahan aromatik lain hanya bisa menggertak rasa asam, tapi juga menambahkan wewangian sreg kolang-kaling.


Pusat “Hutan Sehat Tinggi Kalsium Kolang-kaling & Siwalan” (2015) karya Hindah Muaris terbitan PT Gramedia Bacaan Terdahulu bisa dibeli di Gramedia.com.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://lengkung langit.derita/kompascomupdate, kemudian join. Sira harus install aplikasi Benang tembaga malar-malar dulu di ponsel.

Baca :   Tempat Jual Buket Bunga Di Bekasi

Tips Memasak Kolang Kaling

Source: https://www.kompas.com/food/read/2021/04/13/110300175/cara-masak-kolang-kaling-agar-cepat-empuk-dan-tidak-mudah-basi?page=all

Check Also

Kalkulator Kredit Bunga Menurun

Kalkulator Kredit Bunga Menurun Selain bunga flat dan bunga efektif, bunga anuitas sering dipakai oleh …